Berakhlakul karimah,cerdas,kreatif,terampil berbudi luhur

Kami



VISI, MISI TUJUAN

Visi Misi New

2023



Visi , Misi dan Tujuan Madrasah
A.  Visi Madrasah adalah Cita-cita atau ide atau angan-angan tentang wujudnya dan harapan masa depan sekolah.Hal ini sangat penting untuk dirumuskan sebagai jawaban atas pertanyaan. Hendak kemana sekolah itu akan dibawa? Dengan memiliki Visi Madrasah yang jelas maka semua komponen, organisasi sekolah termotifasi untuk senantiasa ingin atau berupaya untuk mewujudkan ,Yakni ;
         “ Membentuk insan Muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT. berwawasan kedepan, cerdas, terampil, dan berbudi pekerti yang Luhur "

B.  Misi Madrasah
Untuk mencapai Visi Madrasah dirumuskan Misi Madrasah sebagai berikut :
Ø  Meningkatkan pengamalan Imtaq dan Iptek untuk bekal hidupnya.
Ø  Meningkatkan kedisiplinan semua warga sekolah .
Ø  Menumbuh kembangkan norma - norma agama dan masyarakat.
Ø  Menguasai dan mengamalkan Syariat Islam.
Ø  Menigkatkan kwalitas PBM .
Ø  Meningkatkan sumberdaya tenaga kependidikan .
Ø  Intensifikasi Kegiatan Ekstra Korikuler.
Ø  Menciptakan sekolah sebagai pusat kebudayaan.

C. Tujuan Madrasah
a. Tujuan Umum.
Sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional tugas Madrasah adalah mengembangkan potensi peserta didik secara optimal menjadi individu yang berkemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan agar anak didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.
b. Tujuan Khusus.
Kemampuan potensi dasar dari peserta didik dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya, iman dan taqwa yang telah dimiliki dapat lebih berkembang dan ditingkatkan kejenjang pendidikan selanjutnya . Agar Visi, Misi dan tujuan yang dirumuskan berhasil , perlu kiranya diidentifikasi dan dianalisa faktor-faktor kekuatan atau pendukung yang dimiliki dan kelemahan - kelemahan yang mungkin terjadi dan peluang yang kira – kira muncul dan kendala / ancaman yang mungkin dihadapi.

Identifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Kendala.
     1. Kekuatan.
Faktor kekuatan tentunya menjadi modal dasar untuk melaksanakan program,
antara lain :
a.     Sumberdaya manusia (tenaga guru) walaupun dari tenaga GTY sebagian besar secara kualitatif dan kuantitatif telah mencakup.
b.      Jumlah siswa 122 orang.
c.     Secara geografis letak Madrasah berada di tengah – tengah desa dan di tepi jalan raya.
d.   Sarana dan prasarana (bangunan) baru dibangun dengan bantuan dana alokasi khusus dalam keadaan baik. Alat peraga olah raga secara minimal ada dalam keadaan cukup baik.
e.     Partisipasi masyarakat cukup baik.
f.     Hasil akreditasi lembaga tahun 2008 / 2009 berklasifikasi B.
    
     2. Kelemahan

a.       Jumlah guru yang berstatus negeri sangat kurang, tahun 2011/2012 hanya 1orang  Guru
b.   Dana dari bantuan operasional sekolah (BOS) 60% digunakan untuk insentif  guru tetap yayasan (GTY).
c.     Alat peraga, buku pelajaran untuk murid sangat kurang, sebagian besar murid mencatat baik pelajaran agama dan umum.
d.     Pemahaman Kurikulum (KBK) masih banyak kendala, Sering berubah,lebih lagi diubah KTSP seakan-akan Pendidikan lahan percobaan.
e.       Kondisi sosial ekonomi orang tua murid sebagian besar kurang mampu.
f.       Media pembelajaran dan alat peraga belum lengkap.
g.      Tingkat kesejahteraan guru masih sangat kurang.

 3. Kendala
   
1.    Adab kesopanan anak didik terhadap orang tua, guru sangat menurun diakibatkan tayangan-tayangan televisi.
2.  Pesatnya perkembangan teknologi  dibidang informasi baik melalui media cetak, televisi, komunikasi, internet membawa dampak negatip terhadap perilaku anak didik.
3.    Pengaruh globalisasi semakin leluasa, masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan norma agama dan adat ketimuran.
4.      Kualitas pendidikan cenderung semakin menurun.
5.   Pendidikan orang tua sebagian besar sangat rendah berakibat berpengaruh kepada prestasi anak.
6.   Angka kemiskinan sangat tinggi dimungkinkan anak usia sekolah membantu orang tua mencari nafkah.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mestinya menurut hemat saya kurangnya guru PNS tidak termasuk kelemahan karena dalam standar PTK status tsb tidak menjadi soal yang dibuat acuan adalah IJAZAH dan SERTIFIKASI.... bener gak....

VISI, MISI TUJUAN

Visi Misi New

2023



Visi , Misi dan Tujuan Madrasah
A.  Visi Madrasah adalah Cita-cita atau ide atau angan-angan tentang wujudnya dan harapan masa depan sekolah.Hal ini sangat penting untuk dirumuskan sebagai jawaban atas pertanyaan. Hendak kemana sekolah itu akan dibawa? Dengan memiliki Visi Madrasah yang jelas maka semua komponen, organisasi sekolah termotifasi untuk senantiasa ingin atau berupaya untuk mewujudkan ,Yakni ;
         “ Membentuk insan Muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT. berwawasan kedepan, cerdas, terampil, dan berbudi pekerti yang Luhur "

B.  Misi Madrasah
Untuk mencapai Visi Madrasah dirumuskan Misi Madrasah sebagai berikut :
Ø  Meningkatkan pengamalan Imtaq dan Iptek untuk bekal hidupnya.
Ø  Meningkatkan kedisiplinan semua warga sekolah .
Ø  Menumbuh kembangkan norma - norma agama dan masyarakat.
Ø  Menguasai dan mengamalkan Syariat Islam.
Ø  Menigkatkan kwalitas PBM .
Ø  Meningkatkan sumberdaya tenaga kependidikan .
Ø  Intensifikasi Kegiatan Ekstra Korikuler.
Ø  Menciptakan sekolah sebagai pusat kebudayaan.

C. Tujuan Madrasah
a. Tujuan Umum.
Sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional tugas Madrasah adalah mengembangkan potensi peserta didik secara optimal menjadi individu yang berkemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan agar anak didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.
b. Tujuan Khusus.
Kemampuan potensi dasar dari peserta didik dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya, iman dan taqwa yang telah dimiliki dapat lebih berkembang dan ditingkatkan kejenjang pendidikan selanjutnya . Agar Visi, Misi dan tujuan yang dirumuskan berhasil , perlu kiranya diidentifikasi dan dianalisa faktor-faktor kekuatan atau pendukung yang dimiliki dan kelemahan - kelemahan yang mungkin terjadi dan peluang yang kira – kira muncul dan kendala / ancaman yang mungkin dihadapi.

Identifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Kendala.
     1. Kekuatan.
Faktor kekuatan tentunya menjadi modal dasar untuk melaksanakan program,
antara lain :
a.     Sumberdaya manusia (tenaga guru) walaupun dari tenaga GTY sebagian besar secara kualitatif dan kuantitatif telah mencakup.
b.      Jumlah siswa 122 orang.
c.     Secara geografis letak Madrasah berada di tengah – tengah desa dan di tepi jalan raya.
d.   Sarana dan prasarana (bangunan) baru dibangun dengan bantuan dana alokasi khusus dalam keadaan baik. Alat peraga olah raga secara minimal ada dalam keadaan cukup baik.
e.     Partisipasi masyarakat cukup baik.
f.     Hasil akreditasi lembaga tahun 2008 / 2009 berklasifikasi B.
    
     2. Kelemahan

a.       Jumlah guru yang berstatus negeri sangat kurang, tahun 2011/2012 hanya 1orang  Guru
b.   Dana dari bantuan operasional sekolah (BOS) 60% digunakan untuk insentif  guru tetap yayasan (GTY).
c.     Alat peraga, buku pelajaran untuk murid sangat kurang, sebagian besar murid mencatat baik pelajaran agama dan umum.
d.     Pemahaman Kurikulum (KBK) masih banyak kendala, Sering berubah,lebih lagi diubah KTSP seakan-akan Pendidikan lahan percobaan.
e.       Kondisi sosial ekonomi orang tua murid sebagian besar kurang mampu.
f.       Media pembelajaran dan alat peraga belum lengkap.
g.      Tingkat kesejahteraan guru masih sangat kurang.

 3. Kendala
   
1.    Adab kesopanan anak didik terhadap orang tua, guru sangat menurun diakibatkan tayangan-tayangan televisi.
2.  Pesatnya perkembangan teknologi  dibidang informasi baik melalui media cetak, televisi, komunikasi, internet membawa dampak negatip terhadap perilaku anak didik.
3.    Pengaruh globalisasi semakin leluasa, masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan norma agama dan adat ketimuran.
4.      Kualitas pendidikan cenderung semakin menurun.
5.   Pendidikan orang tua sebagian besar sangat rendah berakibat berpengaruh kepada prestasi anak.
6.   Angka kemiskinan sangat tinggi dimungkinkan anak usia sekolah membantu orang tua mencari nafkah.